DPD LDII Kota Bogor turut menyemarakan WCDI 2022

Momen peringatan World Clean Up Day Indonesia (WCDI) 2022 disambut dengan aksi bersih-bersih serentak oleh warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Jawa Barat, pada Jumat (30/9). Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian LDII terhadap permasalahan sampah yang menjadi permasalahan terbesar dalam lingkungan.

Mengutip data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), jumlah sampah di Indonesia mencapai 21,88 juta ton pada 2021. Berdasarkan sumbernya, rumah tangga menyumbang paling banyak terhadap sampah nasional, yakni sebesar 42,23%.

DPW Jawa Barat mengadakan kegiatan secara serentak dalam mendukung World Clean Up Day Indonesia (WCDI) Tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 30 September 2022, mulai pukul 08.00-10.00. Ketua DPW LDII Jawa Barat, Dicky Harun dalam sambutannya menyampaikan bahwa rumah tangga memiliki peran strategis dalam penanganan sampah. Menurutnya, jika setiap keluarga mampu menangani sampah organiknya sendiri di rumah masing-masing dan tidak harus berakhir di TPA, maka sebagian besar masalah sampah sudah teratasi, “Kami menanamkan bagaimana caranya sampah itu selesainya di lingkungan rumah tangga, atau setidaknya diminimalisir,”

Tujuan pengelolaan sampah adalah membuat sampah memiliki nilai ekonomi atau merubahnya menjadi bahan yang tidak membahayakan lingkungan. Ia mendorong pengelolaan sampah rumah tangga yang benar, akan membantu menekan dampak negatif sampah terhadap lingkungan.

“Sisa clean up ini kita pilih, yang memiliki nilai ekonomis kita jual ke pengepul atau ke bank sampah. Kalau yang organiknya kita jadikan kompos,” jelasnya.

Ia mengajak warga LDII untuk menjaga kelestarian lingkungan, mulai dari basis rumah tangga, “Kami mengajak kepada warga LDII Jabar untuk sadar memelihara lingkungan bumi, mulai dari dari diri sendiri, di rumah-rumah, dan tempat ibadah. Serta memilah sampah hidup mulai dari rumah-rumah ibadah, dan lingkungan sekitar”.

DPD Kota Bogor melaksanakan kegiatan WCDI dibeberapa Pimpinan Cabang secara serentak, seperti Tanah Sareal, Ciparigi dan Bogor TImur

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *